Rabu, 20 Februari 2013

"Tradisi" ke Perpustakaan :yang ringan yang terlupakan

            Tidak diragukan lagi bahwa sebagian besar sivitas akademika sangat membutuhkan informasi penting yang berkaitan dengan bidang ilmu yang ditekuninya, dan perpustakaan merupakan salah satu sarana tempat. mendapatkan informasi. Akan tetapi sesering apapun kita mendatangi perpustakaan, sering pula kita melupakan beberapa hal yang tampak sepele. Padahal, hal tersebut sangat penting dalam  menciptakan kenyamanan kita ketika mencari informasi di perpustakaan. Berikut ini adalah hal-hal yang sering terlupakan :
1.        Jika kita akan memasuki perpustakaan, alangkah baiknya jika kita membaca dahulu peraturannya, dan selanjutnya melaksanakan peraturan tersebut.
2.        Menyimpan tas di loker yang telah disediakan adalah hal penting yang tidak dapat kita abaikan, demi keamanan benda-benda yang kita bawa.
3.        Tidak berbicara keras sangat membantu terciptanya kenyamanan dan konsentrasi kita.
4.        Makan dan minum biasanya tidak diperbolehkan di perpustakaan, karena dapat mengotori ataupun membasahi bahan pustaka. Lambat laun hal tersebut akan menyebabkan tumbuhnya jamur, ataupun mengundang serangga. Akhirnya akan merusak bahan pustaka termasuk melenyapkan informasi yang terkandung di dalamnya. Selain itu, akan menambah volume sampah di perpustakaan.
5.        Sebaiknya mencari bahan pustaka yang kita perlukan melalui sarana yang ada di perpustakaan, misalnya katalog atau melalui data base yang ada di komputer. Biasanya katalog dapat digunakan oleh siapapun yang datang ke perpustakaan. Adapun untuk menelusuri informasi pada data base, kita perlu bertanya dahulu kepada petugas, jika hal tersebut belum tercantum dalam peraturan yang sudah kita baca (lihat point 1). Kita perlu menanyakannya karena tidak semua perpustakaan menyediakan sarana penelusuran data base ini untuk semua pengguna.
Demikian hal-hal ringan yang sering kita lupakan, padahal sudah menjadi “tradisi” di setiap perpustakaan di manapun. Kita  perlu untuk memperhatikan (baca : melaksanakan) hal-hal tersebut, karena kebaikan dan manfaatnya adalah untuk kita juga.

catatan : tulisanku di Warta : majalah Dep.Biologi FMIPA ITB
            Nomor 17, 25 Januari 2002, krn masuknya rubrik selingan, jd tdk dicantumkan nama.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar