Kamis, 21 Februari 2013

5 W 1 H (Lima W satu H)

            Menulis memang mudah-mudah susah. Seringkali kita membutuhkan banyak latihan untuk dapat mulai menulis dengan  baik. Berbagai macam jenis tulisan tentulah banyak memiliki tingkat kesulitan tertentu, akan tetapi menumbuhkan kemauan dan keuletan untuk berlatih seringkali menjadi kendala utama. Teknik menulis sendiri sebenarnya dapat saja dipelajari kemudian.
            Menulis sebuah berita adalah jenis tulisan yang paling mudah, karena bahan tulisannya pun sudah jelas. Untuk menulis sebuah berita paling tidak diperlukan poin-poin yang sering disebut dengan 5W 1H, yaitu who, what, why, when, where dan how.  What, apa yang terjadi, atau ada peristiwa apa? Who, siapa yang menjadi sumber berita, siapa yang terkait dengan peristiwa tersebut. Kalau peristiwanya tabrakan, maka who di sini dapat menyangkut pelaku, saksi dan sebagainya. Why, mengapa peristiwa tersebut terjadi. Kurang lebih why berbicara tentang sebab munculnya kejadian.  When, kapan peristiwa tersebut terjadi, dan  where, dimana peristiwa itu terjadi. Sementara how adalah bagaimana peristiwa tersebut dapat terjadi. Jadi how ini lebih ke arah tahap demi tahap proses terjadinya suatu peristiwa.
            Untuk rekan-rekan sivitas akademika Departemen Biologi FMIPA-ITB, terutama rekan karyawan dan mahasiswa, dengan berpegang pada prinsip 5 W 1 H ini, paling tidak kita dapat mulai “iseng” menulis berita-berita di sekitar kampus kita dan hasil tulisannya dapat Anda kirimkan ke redaksi Warta. Selamat mencoba.

cat : tulisanku di warta no

Nomor 18, 20 Pebruari 2002, berhubung di rubrik selingan, jd tdk dicantumkan nama

Tidak ada komentar:

Posting Komentar